Senin, 15 Agustus 2011

See Them :D

Penegak Laksana Generasi ke-6 Ambalan Brawiloka .

Wirosari 06 Juli 2010 , pk 16.30 WIB .
Sore itu jadwal berkumpulnya para calon anggota laksana , sebelum nanti malam berangkat menuju lokasi pendakian Gn. Lawu . Dg di bonceng motor teman saya Seta dn memilkul beban tas seberat 11kg . Pasti kaget 11kg itu isinya apa saja , oke saya beritahukan beserta fungsinya ?
Pakaian 3 stel yg ternyata tidak berguna sama sekali . Peralatan dingin , 3 kaoskaki, 1 sleyer, 1 topi maling katanya . Sarung Bubok yg gedenya minta ampun . Tenda Dom . Matras . Makanan ; Roti, Susu, Mie, Coklat . Spirtus dn kapas utk bahan bakar . Kompor kaleng, made in saya sendiri . Juaranya yg paling berat air putih 2 liter dalam tas gunung saya ? Tissu basah buat pup dn pipis ? Salonpas buat nembelin hidung dn kaki saya yg pegel dn kedinginginan . Peralatan mandi dn sholat (padahal selama itu, aku cm mandi  1kali)
Oke sejauh ini Cuma itu yang saya ingat ?. Entah itu belebihan atau tidak tapi saya rasa hampir semua teman saya juga membawanya.
Saya tuliskan di sini nama manusia – manusia terpilih SMA N1 Wirosari angkatan 08 dn saya tuliskan juga suka duka kami dalam melaksanakan Pelatikan Laksana Waktu itu . Kira kira ada 31 calon laksana .
Pada barisan putra ada :
1.    Rinaldy Bismoko as Moko
2.    Gathot Wibowo as Gathot
3.    Tri Widiyanto as Trimbil
4.    Rudi Dwi as Rudi
5.    Zakaria as Mas Jack
6.    Suroto as Paksur
7.    Bayu Mukti as Bayu
8.    Heru Joko as Haje’es
9.    Seta Setiabudi as Setan
10.    Fatkhun Nizam as Paknis
11.    Ari Hartoyo as Ari
12.    Ade Okta , tambahan laksana yg sudah lanjut usia.
Pada barisan putri ada :
1.    Saya sendiri as Epik
2.    Historiani as Ito
3.    Santi as Santi
4.    Yuliana as Eza
5.    Dini Nur as Dini
6.    Ria Muslikah as Ria
7.    Sri Sumiasih as Mia
8.    Margaret Viki as Viki
9.    Lailatul as Rhea
10.    Arie Wijayanti as Arie
11.    Umy, tambahan laksana yg sudah lanjut usia ?
Pada barisan tetua ada :
1.    Drs. Himawan Pratomo as Pak Him
2.    Dheriana A.Md as Pendekar satu mata
3.    Ujang Mulyono as Ujang
4.    Ada ‘Becak Rider’ juga M Tri as sang penyabar
Nah , lengkap sudah anggota kami . Sejak sore itu kami mendapatkan banyak pengarahan dari Pak Him selaku bos kami ? Juga mendapatkan sangu makanan , madu , jahe , dn obat dari sekolah . Meski mie.nya hampir atau bahkan ada yg kadaluarsa kamipun senang . hahaha
Sragen , 07 Juli 2010 .
Tiba pukul 2 dini hari , kami berangkat menuju Cemoro Kandang dg menaiki truk yg meruntel itu . Bos kami duduk di depan bersama Umy anak tirinya ? Dan kami anak – anak terlantar di bak yg penuh sesak itu . kira – kira sampai pukul 4 pagi , truk kami pun berhenti di sebuah masjid untuk melaksanakan ibadah sholat subuh . dan saat itu pula , saya rasakan hipotermia dn kelaparan tingkat tinggi . untung saja saat itu ada Ade Okta yg membawa sepanci Telo dn saya santap bersama teman – teman , tertolonglah perut saya ? thanks ade .
Sampai di Cemoro Kandang kira – kira pukul 5 pagi , dn kami.pun merasakan hipotermia yg sangat dasyat tak tertahankan . Kami masih melakukan penyesuaian suhu selama 2 jam sambil menunggu ‘Becak Rider’ dn M Tri , yg memang tidak berangkat bersama kami karna posisi start kami jauh berbeda . Sarapan Nasi pecel di bawah dn menyempatkan berpose pose ria ?
Sampai pukul 7 pagi , semua sudah terkumpul dn perut sudah terselamatkan . kami adakan breafing dn doa bersama , pukul 7.30 kami mulai pedakian itu . Awal mula kami masih mengenakan pakaian siap tempur dg hawa dingin  namun setelah kami lakukan pendakian kami rasakan semacam kepanasan . dn anehnya , saya yg start berangkat duluan jadi di barisan paling belakang bersama Ito dn Mia . Pos 1 kami lewati dg penuh semangat , hanya saya , Ito , dn Mia yg klelat klelet . di pos 1 saya sungguh hampir mati kecapekaan , lebay . jujur saja karna beban 11 kg yg saya pikul , lalu dg penuh pengertian dn rasa iba salah satu anggota Becak Rider , panggil dia Mas Lem datang sebagai super hero saat itu dg gagah dia membawakan tas saya sampai di pos 2 , horeee ! dari pos 1 sampai pos 2 saya merasa ringan tanpa beban , walau begitu tetap saja saya berada di urutan paling belakang . ha ha ha , tidak pa pa ?
Sesampainya di pos 2 , diambillah sebuah keputusan untuk membagi-bagikan semua yang ada dalam tas saya . dn menurut teman – teman saya tas saya lah yg berlebihan dn kelebihan muatan , ohh no.. alhasil semua barang – barang saya di bagi – bagikan ke teman – teman utk meringankan beban saya, termasuk roti susu dn coklat saya asal tahu saja sebagian banyak yg ngga di kembaliin ha ha ha ? tak apa yg penting ringanlah saya .. tapi di sinilah, puncak kesetresan kami semua . Dari pos 2 menuju pos 3 trayek.nya minta ampun jauh bianget dn sepanjang perjalanan kita jumpai jurang-jurang yg ngga tau seberapa dalamnya . kita menemui sebuah tempat yg mirip pos , kami semua bahagia tak kepalang karna kami pikir dapat beristirahat sejenak di sana . namun ternyata , telusuk demi telusuk itu Cuma sebuah pos bayangan yang memang di sediakan karna jauhnya jarak antara pos 2 dan pos 3 . kamipun hampir putus asa , yang ada hanya tipuan dari para pendamping kami yang selalu bilang “2 tikungan lagi sampai” padahal pada tikungan ke 7 pun tak kami jumpai pos 3 ? kira – kira pukul 3 sore kami sampai di pos 3 . tanpa pikir panjang segera saya cari tenda saya , dn minta tolong teman utk mendirikan tenda , setelah berdiri saya kluarkan sarung bubok , saya minum susu makan coklat dn tidur lelap bersama Ito . sampai tegah malam saya menangis karna kedinginan , kecapekan, dn kangen ayah saya . ha ha ha . ito.pun saya desak- desak sampai tenda condong padahal salonpas sudah menempel hampir di semua bagian muka , kaki , dn pundak saya , namun saya terus mengeluh waktu itu , saya merengek minta pulang pada Ito , saya menangis sambil memanggil – manggil ayah dn ibu saya , berharap mereka datang saat itu juga dn menjemput saya . konyool banget yah ? Sampai pagi kira-kira pukul 5 saya terbangun oleh suara berisik teman – teman yg sdg berpose pose ria dg sunrise , dn saya berasa kebelet saat itu . berbekal tissu basah multifungsi bersama Rhea , saya bersekongkol utk saling menjaga . Legaa.. Pukul 6 lagi kami berkemas dn langsung melanjutkan perjalanan menuju pos 4 . dari pos 3 sampai pos 4 trayek mulai terjal, kami pun  menggos – menggos dan saya selalu ingat pesan Bos kami “NIK MLAKU OJO NDANGAK”. sesampainya di pos 4 kami beristirahat dn berjemur sejenak sambil makan ?
Perjalan menuju pos 5 itu yg paling menyenangkan , karena kami telah benar - benar berada di atas awan ? indahnya,  bayangkan itu ...  di sana saya mulai merasakan betapa bergantungnya kita pada airputih dn sinar matahari yg biasanya kita hindari . perjalanan terasa santai bukan karna medannya tapi karna di sepanjang jalur menuju pos 5 adalah padang rumput sabana , dn banyak pula Eidelwise si bunga keabadian . Perjalanan saya nikmati dg sangat mensyukuri dn memuji kekuasaan Tuhan yg begitu hebat menciptakan keindahan semacam itu . Namun tanpa saya sadari karna terlalu bersemangat saya tepisah dari rombongan terakhir , dn tertinggal jauh dari rombongan pertama . Jujur saja , saya ketakutan , takut hilang , takut macan , dn takut setan . taukan kalo Gn. Lawu selalu di gambarkan sebagai pusat kekuatan supranatural di tanah jawa . serem sendiri waktu itu , sekuat tenaga saya berjalan cepat, karna ngga kuat utk berlari dn sampai akhirnya saya temui Ujang di pertigaan menuju hargo dalem dn puncak . huft lega deh .. Namun setelah saya pikir – pikir memang saya harus jalan sendirian sepertinya agar tidak lelet kaya keong . kami singgah di kediaman Mbok Yem , istirahat dn makan ( lagi – lagi menu pecel terhidang ) ? kami lanjutkan perjalanan menuju puncak , jalan menanjak dn terjal bukan main . Namun entah itu bohong atau tidak ada seorang nenek tua menggendong sekerenjang ranting-ranting pohon yang katanya beliau adalah warga bawah , ( gile kuat banget kan tu nenek , minumnya aja kratingdeng. Gue tebak, dulunya die mantan pacarnya Mbah Marijan kalee. Hehehe ). Sepanjang jalan kami berpose , tapi entah mengapa saya benar – benar ngga mood buat pose . sampai di Puncak saya spontan berlari memeluk tugu yg ada  di puncak . hiks terharu banget , dn triak triak ngga karuan di puncak . rasanya lega banget , indah . Setelah itu kami adakan apel , menyanyikan Indonesia raya , Padamu Negeri, dn Hymne Pramuka dg sesenggukan terharu beraaaaat ? setelah usai acara tangisan kami berpose sambil mengibarkan bendera Ambalan dn Sang Merah Putih ?
Acara di puncak.pun usai , kami bergegas menuju Mbok Yem Resto , kami bergegas utk turun melalui Cemoro Sewu . Sepanjang perjalanan hanya tangga yang saya lalui , kembali membuat saya stres berat . karna sudah sangat lelah dn jenuh saya jadi bener – bener ngga merhatiin letak dn posisi saya . menginjak pukul 6 sore hari mulai gelap dn yg saya temui hanya jalur berliku yg di penuhi anak tangga , entah berapa anak tangga yg hampir membuat lutut saya copot dari tulang kering ? pada awalnya saya turun hanya bersama Mia , Ito (pasukan lelet) namun berhasil mengejar mas Jack , Paknis , Ria , Viki , Dini , dn Eza . namun entah di pos berapa saya berhasil bertemu Becak Rider dn muncul lah secara tiba – tiba sifat kolokan saya , saya menangis pemirsa ? ha ha ha . sambil di bentak – bentak Becak Rider saya terus melangkah di tuntun Mas Jack ( maap mas , aku marah – marah waktu itu ) . mungkin karna kebanyakan menangis , perut saya jadi sangat – sangat lapar . dg sangat bijaksana mas Jack menyedekahi saya roti terakhir.nya , karna memang saat itu coklat , susu , roti , bahkan mie.ku sudah habis ? makan sambil menangis , bayangkan seperti apa saya saat itu ! oiya , saya ingat sebelum saya menangis Viki juga nangis hlo , katanya sih kepalanya pusing tapi di suruh minum obat sama air putih ngga mau , giliran di kasih nutrisari baru mau . yaela ..
Magetan
Basecamp Cemoro Sewu 23.00 WIB
Selarut itu saya baru berhasil sampai basecamp, padahal Moko dn kawan – kawan sampai pukul 7 malam , tapi syukur alhamdulillah ? saya segera masuk kamar di basecamp ndesel – ndesel Mia . pasang salonpas pada tumit , lutut , tangan , bahu , dn hidung lalu tepar sampai pagi ?
Keesokan harinya , beser.pun mulai menghampiri karna dinginnya . Yang lucu , dari posisi berjongkok saya susah berdiri dari dalam kamar mandi spontan saya teriak minta tolong . ekekekekek , konyol bianget saking capeknya ..
Pendakian itu bener – bener meninggalkan kesan yg mengharukan , mengasyikan , mendalam , dn bikin kecanduan ? Terimakasih untuk teman – teman Laksana Brawiloka ’08 atas kerjasama dn bantuan kalian , atas diri saya sendiri . Semoga ini bisa menjadi sweet memories untuk kita semua . Dn kabarnya itu menjadi pendakian terakhir untuk Big Boss kita. Kita patut bangga untuk itu , maka tetap dg sepenuh hati  mengamalkan Dasa Dharma , Trisatya , dn Pancasila .
Ikhlas bakti bina bangsa , berbudi bawa laksana . Salam Pramuka !!










2 komentar: